News & Events

Klasifikasi Kebakaran

Sebelum Anda menggunakan alat pemadam api, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui alat pemadam api seperti apa yang tepat sehingga efektif dalam penanganan kebakaran. Ada beberapa jenis kebakaran yang diklasifikasikan berdasarkan bahan penyebab kebakaran.

Setiap alat pemadam api memiliki kriteria masing-masing yang dibuat khusus untuk penanganan jenis kebakaran tertentu. Dengan mengetahui kelas-kelas kebakaran tersebut tentunya akan membantu Anda mengenali risiko yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

Klasifikasi Kebakaran Kelas A

Kebakaran kelas A adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda padat yang mudah terbakar seperti kayu, kain, kertas, atau plastik.

Klasifikasi Kebakaran Kelas B

Kebakaran kelas B adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda cair atau gasyang mudah terbakar seperti bensin, cat, thinner, gas LPG, dan gas LNG.

Klasifikasi Kebakaran Kelas C

Kebakaran kelas C adalah kebakaran yang disebabkan oleh penggunaan komponen elektrik (listrik) seperti televisi, refrigerator, instalasi listrik, dan lain sebagainya.

Klasifikasi Kebakaran Kelas D

Kebakaran kelas D adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda metal yang mudah terbakar seperti potassium, sodium, aluminium, dan magnesium.

Media Alat Pemadam Api

Media Alat Pemadam Api Cair: Media alat pemadam api cair biasa digunakan untuk kebakaran kelas A dan B.

Media Alat Pemadam Api Powder: Media alat pemadam api dry powder atau dry chemical powder digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas A, B, C, dan D.

Media Alat Pemadam Api CO2 (Karbon Dioksida): Media alat pemadam api CO2 atau karbon dioksida (carbon dioxide) dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas B dan C.

Media Alat Pemadam Api Foam: Media alat pemadam api foam dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas A dan B.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *