News & Events

Bagaimana Peran Dan Tanggung Jawab K3 Di Perusahaan

K3 adalah suatu upaya yang bertujuan nya untuk meningkatkan suatu pemeliharaan derajat. Dalam kesehatan fisik mental dan juga sosial yang setinggi-tingginya bagi para pekerja di semua jenis pekerjaan. Namun ada juga pengertian K3 menurut hal lain yaitu merupakan upaya pencegahan terhadap gangguan kesehatan pekerja yang disebabkan oleh pekerjaan.

K3 dapat juga diartikan sebagai perlindungan untuk pekerja dalam pekerjaannya mulai dari resiko akibat faktor yang merugikan kesehatan.
Pengertian K3 menurut Ardana merupakan upaya perlindungan yang ditunjukkan agar suatu tenaga kerja dan juga orang lain di tempat kerja selalu dalam keadaan selamat dan juga sehat. Setiap sumber produksi bisa digunakan untuk secara aman dan juga efisien.

Dalam penerapan SMK3 sudah menjadi kewajiban dalam perusahaan, untuk diterapkan dan juga menjalankan program-program yang menunjang sistem tersebut. Program tidak akan jalan jika unsur siapa tidak mengetahui. Dan tidak ditetapkan tidak jelas apa perannya dan juga apa tanggung jawabnya.

Perusahaan dalam menerapkan program K3 sampai di lapangan siapa yang akan menjalankan nya ?

Tentu saja, sebagian besar targetnya adalah karyawan karena karyawan lah yang secara langsung untuk melakukan suatu pekerjaan nya dalam pekerjaannya yang berhubungan langsung dengan risiko yang akan dikelola. Bagaimana peran dan tanggung jawab K3 dalam perusahaan

Biasanya dalam target utama ini akan lebih teridentifikasi jelas apa yang harus dilakukan mulai terkait dalam program. mengetahui dan yang paling jarang dilakukan adalah untuk merinci suatu peranan dan juga tanggung jawab K3. Sebagai manajemen dan yang akan mengawasi pelaksanaannya di lapangan. Deskripsi dan rinci peran mereka sehingga diharapkan untuk suatu program ada rasa memiliki bagi semua pihak tidak main lempar tanggung jawab.

Dalam perusahaan memiliki karakter yang unik pekerjaan di domino didominasi oleh perusahaan perusahaan kontraktor yang biasanya sudah memiliki sistem K3 yang lebih jauh bagus atau lebih jauh mapan. Bisa dibayangkan banyak sistem yang berlaku di suatu area dalam perusahaan kontraktor. Yang besar sering kali untuk meninggikan namanya merasa bahwa sistemnya yang paling baik.

Secara struktural K3 ini akan dimasukkan ke dalam job desc. Setiap jabatan atau posisi. Dan tentu saja ini akan menjadi otomatis bahan evaluasi dalam karyawan. Setiap jabatan fungsional sudah semestinya harus dibuat surat penunjukan bagaimana K3 mereka harus tercantum dalam surat penunjukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *